Jumat, 05 Januari 2018

LAPORAN KEGIATAN

Project Luar Kelas
CBDC – TFI
Character Building Agama

    KEGIATAN VOLUNTEERING PANTI ASUHAN




“PEMBINAAN PENDIDIKAN REMAJA STUDI PANTI ASUHAN”


Kelas – LC66
Kelompok - 1


Identitas Kelompok



Muhammad Faiz R F (2001609423 - Ketua)
Novan Fikra (2001616504 - Bendahara)
Nur Arifina Ramadhinda (2001568770 - Sekretaris)
Tazkiya Safira (2001568051 - Anggota)
Safni Oktafiani (2001577232 - Anggota)
Rani Sonia (2001613553 - Anggota)
Sheila Adelia Susatyo (2001591275 - Anggota)



BAB I


PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang

           Kebersamaan mengandung makna yang mendalam karena kebersamaan memang indah. Kebersamaan adalah bukanlah suatu hubungan yang identik dengan selalu bersama secara fisik melainkan bagaimana suatu hubungan yang dapat merapatkan hati dengan antar sesamanya karena hati itu sesuatu yang abstrak yang tidak bisa dinilai oleh panca indra biasa. Saling barbagi kebersamaan bisa kepada siapa saja baik kepada teman, sahabat, keluarga, ataupun dengan kekasih. Banyak persoalan-persoalan/masalah-masalah yang akan lebih mudah diselesaikan jika dengan kebersamaan. Sebaliknya bila kebersamaan terpecah belah akan pahit rasanya dan akan banyak pengorbanan yang dibutuhkan untuk memperbaikinya kembali. Karena dengan kebersamaan kita bisa merasakan kasih saying yang sudah terpancar dari orang-orang yang terkasih dan hal ini yang dapat menjadikan suatu motivasi diri dalam menjalani lika-liku kehidupan. 

1.2    Permasalahan
          Belakangan ini kurangnya Perhatian Terhadap sesama membuat kita kurang peka terhadap kehidupan sekitar. Disinilah kebersamaan telah mendorong praktek keberagaman, menggugah kita untuk saling bertoleransi, saling menghargai atau menghormati, saling mengakomodasi kepentingan sehingga sikap ego dan arogansi tidak muncul kepermukaan. Keberagaman ternyata juga memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berbagi, bisa saling asah, asih, asuh dan melepaskan sekat-sekat perbedaan tanpa ada pihak yang merasa rugi atau dirugikan, baik dalam hal sikap, pemikiran maupun harga diri seseorang.

1.3    Tujuan dan Manfaat
          Jika dilihat dari latar belakang mata kuliah kami dalam menjalani tugas ini. Maka kami Akan melakukan kegiatan dengan panti asuhan dengan maksud untuk menambah kepedulian terhadap sekitar dan menghibur anak-anak panti asuhan dengan cara bermain dan belajar dengan maksud untuk memberikan pengetahuan melalui permainan atau melakukan inovasi dalam mengajar dan juga meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

1.4    Solusi Permasalahan
Dengan adanya tugas kegiatan sosial dari mata kuliah Character Building ini kami berencana untuk membantu anak-anak yang ada di panti asuhan. Memberikan ilmu pelajaran, mengajak bermain dll. Agar mereka bisa kelak menjadi anak-anak yang berguna bagi Negara.



BAB II

METODE KEGIATAN

2.1 Rencana kegiatan:
Adapun metode pelaksanaan pada program wawancara ini:
1. Rapat penentuan tempat.
2. Survey tempat pelaksanaan kegiatan.
3. Perjanjian dengan pihak terkait
4. Pembuatan proposal
5. Persiapan media dan alat alat pelaksanaan kegiatan. 
Tahap-tahap pelaksanaan kegiatan meliputi:
A. Persiapan alat-alat kegiatan.
-Akomodasi
-Dokumentasi
-Sarana dan prasarana tempat kegiatan.
B. Persiapan dengan pihak terkait.
 Kami akan menghubungi pihak terkait (Panti Asuhan Tebet)
C. Lokasi & Waktu Kegiatan
A.    Lokasi: Panti Asuhan Tebet
Jalan Tebet Raya No.69, Tebet Barat, Tebet, RT.14/RW.1, Tebet Bar., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810.
B.     Waktu Kegiatan
Hari                 : Senin
Tanggal           : 30 Oktober 2017 s/d Selesai
Waktu             : 13.00-15.00

2.2 Susunan Acara

           Hari Pertama:
           
No.
Acara
Waktu
Penanggung Jawab
1.
Persiapan
13.00 – 13.10
Seluruh Anggota
2.
Survey
13.10 – 14.00
Seluruh Anggota
3.
Pembukaan
14.00 – 14.20
Rani Sonia
4.
Perkenalan sambal bermain dengan anak-anak
14.20 – 14.50
Seluruh Anggota
5.
Penutupan
14.50 – 15.00
Nur Agrifina

Survey Lokasi 

  

           Hari Kedua:

No.
Acara
Waktu
Penanggung Jawab
1.
Persiapan
10.00 – 10.10
Seluruh Anggota
2.
Pembukaan
10.10 – 10.20
Rani Sonia
3.
Belajar Bahasa Inggris
10.20 – 11.20
M. Faiz & Novan Fikra
4.
Istirahat
11.20 – 11.50
Seluruh Anggota
5.
Belajar Mengenal Alfabet
11.50 – 12.50
Safni Oktafiani & Nur Agrifina
6.
Penutup
12.50 – 13.00
Tazkia Safira

Kegiatan Mengajar I




           Hari Ketiga:

No.
Acara
Waktu
Penanggung Jawab
1.
Persiapan
10.00 – 10.10
Seluruh Anggota
2.
Pembukaan
10.10 – 10.20
M. Faiz
3.
Belajar Bahasa Inggris
10.20 – 11.20
M. Faiz & Novan Fikra
4.
Istirahat
11.20 – 11.50
Seluruh Anggota
5.
Belajar Matematika
11.50 – 12.50
Tazkia Safira & Sheila Adelia
6.
Penutup
12.50 – 13.00
Novan Fikra

Kegiatan Mengajar  II






           Hari Keempat:

No.
Acara
Waktu
Penannggung Jawab
1.
Persiapan
10.00 – 10.10
Seluruh Anggota
2.
Pembukaan
10.10 – 10.20
Sheila Adelia
3.
Quiz tentang pengetahuan
10.20 – 11.20
Seluruh Anggota
4.
Istirahat
11.20 – 11.50
Seluruh Anggota
5.
Pembagian Hadiah
11.50 – 12.50
Seluruh Anggota
6.
Penutup
12.50 – 13.00
Safni Oktafiani

Kegiatan Mengajar III






BAB III 

KONSEP 

Konsep yang kami gunakan dalam kegiatan sosialisasi ini adalah yang pertama dengan melakukan interaksi dengan anak anak panti yang dimana kami mulai memperkenalkan diri dan kemudian kami melakukan Tanya jawab dengan anak-anak. Berinteraksi dengan cara kami berkenalan dengan anak anak dipanti asuhan satu persatu. Kami juga ikut memberikan pandangan dan cerita tentang kehidupan di kuliah dan kami juga memberikan pertanyaan seputar sekolah mereka atau dengan cara bertukar pikiran. Kami juga akan menerapkan konsep-konsep keagamaan, dimana anak-anak tersebut dapat diterapkan dan direalisasikan didalam kehidupan sehari-hari. Kami mengharapkan agar anak-anak tersebut dapat mendapatkan contoh positif di lingkungan panti asuhan

BAB IV 

PENUTUP 


Demikian proposal ini kami buat sebagai gambaran umum tentang kegiatan yang akan kami selenggarakan. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak terkait agar kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar tanpa halangan yang berarti. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Kesan dan Pesan:

1. Muhammad Faiz R F
     - Setelah mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari survey lokasi sampai dengan kegiatan mengajar yang dilakukan selama 3 kali pertemuan di Panti Asuhan Tebet, Jakarta Selatan. Saya memahami arti kebersamaan dan rasa persaudaraan yang terjalin antara anak-anak di panti asuhan. Bagaimana mereka semua bisa saling berbagi satu sama lain sebagaimana layaknya saudara kandung, padahal mereka bukanlah dari orangtua yang sama. Dalam proses pengajaran, anak-anak yang mengikuti terlihat begitu sangat antusias dalam menerima materi-materi yang telah kami berikan, ini menunjukan rasa keingintahuan akan ilmu pengetahuan mereka yang sangat tinggi, jarang sekali ditemukan anak yang bermalas-malasan dalam mengikuti proses belajar.

2. Novan Fikra
        - 

3. Nur Arifina Ramadhinda
        - Kita harus mengambil pelajaran dari kehidupan di panti asuhan. Disana anak-anak memberikan contoh kepada kita semua supaya memahami untuk berani mengoreksi diri. Melakukan intropeksi diri, jika diri kita berada pada posisi mereka. Kita seharusnya yang hidup berkecukupan, tidak harus harta benda, namun memiliki keluarga yang senantiasa memberikan kasih sayang kepada kita semua. Tentunya kita harus bersyukur akan hal itu, kita harus menanamkan prinsip dalam benak kita bahwa tidak hanya untuk selalu lihat ke atas, akan tetapi kita harus menyadari untuk senantiasa melihat ke bawah. Artinya kita semua harus menyadari posisi kita sekarang yang dalam kondisi berkecukupan seharusnya menyadari akan ada orang yang masih belum beruntung memiliki posisi seperti kita sekarang.

4. Tazkiya Safira
       - Menurut pendapat saya banyak kehidupan orang yang tidak seberuntung ke hidupan saya ( masih memiliki kedua orang tua) kita harus bersyukur apa atas yang kita punya bahwa kita harus bisa menjadi orang yang lebih care terhadap sesama manusia karna kita hidup tidak biaa individu kita harus saling membantu satu sama lain

5. Safni Oktafiani
          - Setelah melakukan kegiatan ini saya mendapatkan pembelajaran mengenai selalu bersyukur dan selalu berbagi serta saling menghormati, menghargai. Hal tersebut sesuai dengan ajaran agama utuk selalu bersyukur terhaadap hal yang diberikan kepada kita, karena masih banyak yang lebih membutuhkan dan kita sebagai umat manusia harus saling sayang menyayangi, menghargai, dan menghormati kepada sesama manusia.

6. Rani Sonia
           -  Pemahaman tentang agama sejak dini sangat diperlukan, karena dalam agama banyak mengandung unsur-unsur nilai yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan dengan tujuan saling membentuk karakter yang baik kepada masing-masing individu. Setiap agama pasti mengajarkan kebaikan untuk selalu taat kepada Tuhan, menyayangi sesama manusia serta menjaga lingkungan alam sekitar untuk kebaikan seluruhnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN KEGIATAN

Project Luar Kelas CBDC – TFI Character Building Agama     KEGIATAN VOLUNTEERING PANTI ASUHAN ...